APA ITU BOT??

 Bot adalah kependekan dari “robot” yang dapat diartikan sebagai sistem untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis dan repetitif. Karena bot beroperasi secara otomatis, mereka dapat bekerja jauh lebih cepat dibandingkan manusia. Selain itu, bot dapat berjalan setiap waktu tanpa harus menunggu manusia mengoperasikannya secara manual. Bot biasanya beroperasi menggunakan jaringan internet dan ia dapat bekerja selama 24 jam penuh.


Ada beberapa bot yang dapat membantu pekerjaan manusia, contohnya seperti web crawler dan chatbot. Sementara itu, ada juga bot yang buruk dan digunakan untuk tindak kejahatan, contohnya seperti malicious bot.


Fungsi Bot Bot adalah perangkat lunak yang memiliki beberapa fungsi yang tentunya dapat menguntungkan suatu industri atau perusahaan. Fungsi-fungsi penting bot di antaranya:


Apa itu Bot? Pengertian, Fungsi, hingga Contohnya:

1. Mempercepat Proses Bisnis dan Pekerjaan Bot adalah perangkat lunak otomatis yang bisa Anda tentukan waktu pengoperasian, kapasitas, serta pengaturan lain sesuai kebutuhan. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam mempercepat proses bisnis dan pekerjaan. 2. Waktu Lebih Ekonomis Anda tidak perlu repot mengaktifkan bot setiap kali ingin digunakan, karena bot adalah perangkat lunak yang dapat berjalan secara otomatis. Sehingga, waktu pengerjaan dapat lebih ekonomis dengan hasil lebih efektif. 3. Menghemat Anggaran Dengan menggunakan bot, anggaran untuk tenaga kerja yang menjadi lebih irit. Bagaimana tidak, biaya untuk membayar tenaga kerja dapat dipangkas karena pekerjaan sudah diambil alih oleh bot. Meski demikian, Anda tetap harus menyiapkan dan mengeluarkan biaya maintenance secara teratur agar bot dapat beroperasi dengan baik. 4. Menyediakan Layanan 24 Jam Bot memiliki kemampuan untuk bekerja selama 24 jam non-stop. Hal ini tentu sangat menguntungkan perusahaan yang ingin menyajikan pelayanan optimal setiap waktu. 5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Bot mampu meningkatkan pengalaman pelanggan, yang berkaitan dengan layanan perusahaan. Pelayanan yang cepat dan efektif dinilai dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan berdampak baik bagi komunikasi perusahaan. 6. Meningkatkan Kualitas Layanan Usaha Kecepatan dan efektivitas bot dapat meningkatkan kualitas pelayanan usaha ANda, sehingga pelanggan akan merasa lebih puas 7. Fleksibel Manfaat terakhir dari bot ada pada sisi fleksibilitasnya, karena dapat diintegrasikan untuk beberapa platform.


-Contoh Bot Ada banyak jenis bot yang dimanfaatkan untuk meningkatkan berbagai pertumbuhan di bidang bisnis. Beberapa contoh bot di antaranya:


1. Aplikasi Perpesanan Instan 

 Contoh bot dalam aplikasi perpesanan instan misalnya, Facebook Messenger, WhatsApp, dan Slack. Saat pandemi covid-19 kemarin kita menyaksikan bagaimana World Health Organization membangun bot di WhatsApp untuk membagikan informasi kepada publik.

2. Web Crawler Web crawler

 berfungsi untuk membaca atau mengetahui isi dari suatu website. Penerapannya ada pada search engine seperti Google dan Bing yang mengunduh serta mengindeks konten dari suatu website.

3. Chat Bot  

Chat bot adalah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan interaksi dengan pengguna, baik melalui suara, tulisan, maupun secara langsung. Contohnya seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa.

4. Spotify 

Contoh penggunaan berikutnya pada bot misalnya pada Spotify di mana pengguna dapat mencari serta berbagi lagu via Facebook Messenger, Instagram Story, dan masih banyak lagi. Wall Street Journal Contoh lain dari bot adalah pada aplikasi berita Wall Street Journal yang digunakan untuk menampilkan berita utama. Malicious Bot Malicious bot adalah setiap tindakan bot yang melanggar aturan dan membahayakan pengguna. Terkadang serangan malicious bot dilakukan secara sengaja dan memang bertujuan untuk merugikan pengguna. Beberapa contoh serangan dari malicious bot misalnya, Denial-of-Service (DoS) atau Distributed Denial-of-Service (DDoS), Credential Stuffing, Click Fraud, Spam, hingga Brute Force Password Cracking.

7. Lyft 

Contoh lain dari bot adalah Lyft, yang bisa membuat pelanggan melakukan permintaan melalui Slack, Alexa, dan Messenger.


8. Traffic Bot 

Traffic bot merupakan jenis traffic atau lalu lintas di website atau aplikasi yang dilakukan robot. Lalu lintas seperti ini akan menyulitkan pendeteksian traffic organik dari website atau aplikasi tersebut. Hal tersebut tentu memberikan timbal balik negatif. Anda bisa tahu traffic asli yang belum diganggu oleh bot dengan melihat data bounce rate, page load metrics, page views, dan average session duration yang datanya mencurigakan.

 9. Mastercard 

Contoh lain dari bot ada pada Mastercard, di mana pelanggan dapat memeriksa transaksi akun mereka dengan menggunakan bot Facebook Messenger, 

10. Social Bot 

Social bot adalah perangkat lunak yang dapat menjawab suatu pertanyaan melalui media sosial. Anda juga dapat memakai social bot untuk kebutuhan media sosial perusahaan, seperti melakukan survei pengalaman pelanggan dan lain sebagainya.


Kesimpulan Bot:

atau dapat juga disebut internet computer bot adalah perangkat lunak yang beroperasi menggunakan internet, dibuat untuk menirukan serta mempermudah pekerjaan manusia dengan melakukan tugas tertentu secara otomatis dan repetitif. Bot memiliki beberapa fungsi, seperti mempercepat proses bisnis dan pekerjaan, menghemat waktu dan anggaran, menyediakan layanan 24 jam tanpa henti, meningkatkan pengalaman pelanggan, kualitas layanan usaha, hingga memiliki fleksibilitas lintas platform. Ada banyak bot yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan dalam bidang bisnis, misalnya seperti aplikasi perpesanan instan, web crawler, chatbot, Spotify, Wall Street Journal, malicious bot, lyft, traffic bot, mastercard, dan social bot. Namun, bot memiliki bahaya tersendiri. Oleh karena itu, Rumahweb juga sudah mengulas berbagai tips dalam menggunakan bot, misalnya seperti tidak memberikan identitas asli, tidak mudah percaya dengan lawan bicara, dan masih banyak lagi. Bot adalah perangkat lunak yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia, namun juga memiliki bahaya tersendiri.




==============={}======{}==============

              Sekian Dari saya Mr.Bumblebee





Komentar

Postingan Populer